Rabu, 12 Oktober 2011

Mengenal Posisi pada Bolavoli ( 1 )

Quicker
Salah satu posisi pada permainan bolavoli adalah Quicker. Dalam istilah bahasa Indonesia diartikan sebagai pemain yang memiliki kemampuan bermain dengan bola-bola cepat. Seperti bola pull, back pull, street, back street, ataupun long street.
Agar dapat bermain maksimal untuk tim, seorang quicker idealnya memiliki tinggi badan diatas 185cm atau diatas rata-rata pemain lainnya. Memiliki kecepatan bergerak dan daya ledak / hentakan tinggi. Memiliki koordinasi tangan kaki bagus dan daya lihat yang tajam.
Kesulitan utama menjadi seorang quicker murni adalah endurance / ketahanan fisik yang diatas rata-rata pemain lainnya. Dimana kebutuhan tim pada seorang quicker adalah kemampuannya melakukan block dan di detik selanjutnya siap melakukan spike bola cepat.
Adanya Libero dalam bolavoli berfungsi utama untuk menggantikan posisi quicker saat bertahan. Kebutuhan fisik untuk bergerak saat di posisi depan membuat seorang quicker perlu istirahat pada setiap rotasi perputarannya. Libero juga berguna untuk menjaga konsentrasi seorang quicker tetap terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar